Cara Cek Info GTK 2024: Panduan Lengkap Validasi Data Hingga Tunjangan

Miss Internet -  Kemdikbud telah membuat situs khusus untuk guru dan pengajar bernama Info Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Melalui situs ini, guru dan pendidik yang sudah bersertifikasi dapat memeriksa data-data mereka, seperti Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP), dan memperbaiki data yang salah.


Semua guru diwajibkan untuk melakukan verifikasi data agar terdaftar secara resmi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui GTK. Simak cara cek info GTK 2024 berikut.


Cara Cek Info GTK 2024

Selain itu, situs GTK juga menyediakan beragam program lain, seperti :

  • Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB)
  • Uji Kompetensi, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan, PPG Prajabatan, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak,
  • Diklat GTK, Diklat PAUD Berjenjang, Diklat Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (KSPS), Upskilling dan Reskilling Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Vokasi), Organisasi Penggerak, dan Integrasi Akun Belajar.id.

Berikut ini adalah panduan lengkap cara cek Info GTK 2024 untuk validasi data hingga tunjangan:


Cara Login Info GTK 2024

1. Buka Situs Resmi : Pertama-tama, buka situs resmi Info GTK di info.gtk.kemdikbud.go.id. Pastikan jaringan internet kalian stabil agar prosesnya lancar.


2. Masuk ke Akun : Setelah halaman terbuka, masukkan akun yang sudah terdaftar. Biasanya, login menggunakan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) atau nomor peserta. Jika belum punya akun, daftarkan diri terlebih dahulu melalui sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan).


3. Cek Data Kepegawaian: Setelah berhasil login, kalian bisa melihat data kepegawaian. Pastikan semua data seperti nama, NUPTK, tempat dan tanggal lahir, jabatan, serta riwayat pendidikan sudah benar dan lengkap. 


4. Validasi Data: Untuk validasi data, cek kesesuaian data yang ada di Info GTK dengan data yang ada di aplikasi Dapodik. Jika ada ketidaksesuaian, perbaiki data tersebut melalui aplikasi Dapodik atau dengan bantuan operator sekolah. Pastikan semua data sesuai, karena data yang tidak valid bisa mempengaruhi status penerimaan tunjangan.


5. Hubungi Admin Sekolah: Jika menemukan data yang salah dan perlu diperbaiki segera, hubungi admin sekolah atau dinas pendidikan setempat. Mereka akan membantu memperbaiki data kalian di sistem.


6. Cek Status Tunjangan: Setelah semua data valid, kalian bisa cek status tunjangan di Info GTK. Info GTK menyediakan informasi mengenai tunjangan profesi guru (TPG), tunjangan khusus, dan tunjangan lainnya. Pastikan status tunjangan sudah aktif dan tidak ada kendala. Jika ada masalah, segera hubungi admin sekolah atau dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan bantuan.


Tips Tambahan

- Rutin Memeriksa Info GTK: Lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan data selalu update.


- Gunakan Browser yang Tepat: Beberapa fitur mungkin tidak bekerja optimal di semua browser, jadi gunakan browser yang disarankan, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.


- Simpan Data Login: Catat data login dengan baik agar tidak lupa saat akan mengakses kembali.


- Periksa dan Cetak Data : Periksa data yang tertera pada halaman serta pastikan data sudah lengkap dan benar. Data yang telah dicetak dapat diserahkan ke admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) agar pencairan dana tunjangan berlangsung lancar.


Dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa memastikan data kepegawaian dan status tunjangan selalu valid dan terupdate. Pastikan kalian rutin cek Info GTK agar data selalu benar dan hak tunjangan terjamin. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama